Belajar bahasa Korea

Kamis, 17 November 2011

Orang-Orang Korea yang Tinggal di Indonesia

APA KABAR??? :)
Ni Author bawa sedikit info tentang orang-orang Korea yang tinggal di Indonesia...

Orang Korea di Indonesia sampai tahun 2005 berjumlah sekitar 31.760 jiwa, merupakan populasi warga Korea terbesar ke-13 di dunia berdasarkan Kementrian Hubungan dan Perdagangan Luar Negeri Korea Selatan;beberapa estimasi bahkan menunjukkan populasi lebih tinggi, antara 30 ribu sampai 50 ribu jiwa.
Keberadaan warga Korea di Indonesia telah berlangsung cukup lama. Jakarta International Korean School di Jakarta Timur yang dibuka pada 1 Februari, 1975, masih bertahan sampai sekarang. Pada tahun 2007 memiliki 719 orang murid SD, 357 orang murid SMP dan 375 orang murid SMA. Jakarta International Korean School adalah sekolah untuk warga Korea terbesar di Asia Tenggara, 2 kali lebih banyak dibanding di Ho Chi Minh City. Sebuah Koreatown (perkampungan warga Korea) terbentuk di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada awal 1982, ketika seorang warga Korea Kim Woo jae membuka restoran Korea yang menjual kimchi dan doenjang. Cabang Indonesia dari Federasi Muslim Korea juga dibuka tahun 1982; mensponsori 22 warga Muslim Korea antara tahun 1983 - 1984 untuk belajar di berbagai universitas di Indonesia mengenai agama Islam. Sampai tahun 2005 bagaimanapun juga hanya terdapat 50 orang warga Korea yang beragama Islam yang tinggal di Indonesia.
Disamping Koreatown di Kebayoran Baru, kota Tangerang juga memiliki populasi warga Korea pendatang yang cukup besar; terutama di Lippo Village yang menjadi tempat permukiman dan bisnis warga Korea dengan dominasi 80% terdiri dari toko-toko, restoran, jjimjilbang (spa khas Korea), tempat karaoke (noraebang) dan sebagainya. Distribusi permukiman warga Korea di Indonesia digolongkan dalam jenis profesi; warga Korea yang tinggal di Tangerang kebanyakan berprofesi di bidang manufaktur, sementara di Bekasi mereka bekerja dalam bidang industri elektronik. Wilayah Cibubur dan kota Bogor juga punya komunitas warga Korea yang cukup signifikan . Di Surabaya, Jawa Timur, sekolah untuk warga Korea, Surabaya Hangul School didirikan pada 1 Januari 1989, memiliki 42 orang anak-anak TK dan SD. Sementara Bandung Hangul School di Bandung, Jawa Barat yang dibangun tahun 1992 mempunyai 66 murid mulai dari kelas TK sampai SMP. Wilayah lain yang memiliki komunitas warga Korea yang signifikan adalah Semarang dan Bali.


ini gedung Jakarta International Korean School... yang ada di Jakarta Pusat


hmmmm.....jadi pengen sekolah disinii........^^

3 komentar:

  1. aku kemana aja ya selama ini ....?

    jdi ni skolah cma khusus org" korea ?
    hmm cari ilmu dengan murid" disana seru juga kali ya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho.oh sepertinya seruuuu.....
      yaahhh mdahan aja mereka bisa bahasa inddonesia dengan baik dan benar ohohohooooo

      Hapus
  2. Itu gedung sekolah kristen pelita nusantara kasih surakarta (solo) lihat baik2 tulisannya :)

    BalasHapus