Belajar bahasa Korea

Rabu, 02 Mei 2012

BERBICARA BAHASA KOREA ( Part 3 )



Perkenalan

1. Memerkenalkan Diri

GD                  : annyeonghaseyo ?
                          ( apa kabar ? )
BOM               : annyeonghaseyo ?
                          ( apa kabar ? )
GD                  : jeoneun GD-rago hamnida
                          ( nama saya GD )
BOM               : mannaseo ban-gapseumnida GD ssi. Je ireumeun BOM-imnida
                          ( senang bertemu dengan anda saudara GD. Nama saya BOM )
GD                  : BOM ssineun eodi-e sarayo ?
                          ( saudara BOM tinggal dimana ? )
BOM               : Suwon sarayo. GD ssineun eodieseo wasseoyo
                          ( tinggal di Suwon. Saudara GD berasal darimana ? )
GD                  : joneun Indonesia jakhareutha-eso wasseoyo
                          ( saya datang dari Jakarta, Indonesia )
BOM               : geuraeyo. Jigeobi mueosimnika ?
                          ( oh begitu. Apa pekerjaan anda ? )
GD                  : joneun hoesawonimnida
                          ( saya seorang karyawan )

2. Memerkenalkan Orang Lain

Junho              : suzy ssi, i buneun je sajangnim-imnida
                          ( suzy, ini bos saya )
Suzy               : annyeonghasimnika ? jeoneun junho ssi  chin-gu suzyimnida
                          ( apa kabar ? saya suzy, temannya junho )
                          Ban-gapseumnida
                          ( senang bertemu dengan anda )
Taecyeon       : annyeonghaseyo ? jeoneun taecyeon irago hamnida
                          ( apa kabar ? saya taecyeon
                          Ban-gapseumnida
                          ( senang bertemu dengan anda )

>>>>>>>>>>>>>>>>atau<<<<<<<<<<<<<<<<

Suny               : fani ssi, i sarameun han-gugeseo on je chin-gu yuna-yeyo
                          ( fani ssi, orang ini adalah yuna, teman saya yang datang dari korea )
Fani                : annyeonghaseyo ? jeoneun faniyeyo. Cheo-eum boepkesseumnida
                          ( apa kabar ? saya fani. Senang bertemu )
Yuna               : ne, annyeonghaseyo ? je ireumeun im yuna-imnida
                          ( ya apa kabar ? nama saya adalah im yuna
                          Mannaseo ban-gawoyo
                          ( senang bertemu )

>>>>>>>>>>>>>>>>atau<<<<<<<<<<<<<<<<

Yesung           : siwon ssi, i sarameun je yeodongsaeng fany-yeyo
                          ( siwon ssi, ini adik perempuan saya, fany )
Siwon             : annyeonghaseyo ? je ireumeun choe siwon-imnida
                          ( apa kabar ? nama saya adalah choe siwon )
Fany               : annyeonghaseyo ? jeoneun fany-imnida
                          ( apa kabar ? saya fanny )
                          Ban-gawoyo
                          ( senang bertemu dengan anda )
Siwon             : ne, jeodo ban-gawoyo
                          ( ya, saya jjuga senang )
                          Fany ssineun daehaksaengieyo ?
                          ( apakah fany seorang mahasiswa ? )
Fany               : ne, jeoneun Indonesia daehakkyo-eseo han-gugeoreul gongbuhago
  isseoyo
  ( ya, saya sedang belajar bahasa korea di universitas Indonesia )
Siwon             : a, geuraeyo ? han-gugeoneun eotaeyo ? eoryeopji anayo ?
                          ( o, begitu ? bagaimana dengan bahasa korea ? tidak sulit ? )
Fany               : ne, neomu eoryeowoyo. Hajiman jaemi isseoyo
                          ( ya, sangat sulit. Tapi menyenangkan )
                          Geureom siwon ssineun jakhareutha-eseo mwol haeyo ?
                          ( kalau begitu, apa yang siwon ssi lakukan di Jakarta ? )
Siwon             : jeoneun ilnyeon dongan yesung ssihago samsoeng gongjangeseo
  ilhaesseoyo
  ( saya sudah bekerja di pabrik Samsung selama 1 tahun bersama
  Yesung
Fany               : a, geuraegunyo !
                          ( a, begitu ! )
Yesung           : jigeum eodie gayo ?
                          ( sekarang mau pergi ke mana ? )
Fany               : jeoneun chin-gu mannareo baekhwajeome gayadwaeyo
                          ( saya harus pergi ke mall untuk bertemu teman )
Yesung           : a, geuraeyo. Geureom eoseo gaseyo
                          ( a, begitu. Kalau begitu cepat pergi )
Siwon             : jal gayo
                          ( selamat jalan )
Fany               : ne, annyeonghi gyeseyo
                          ( ya, selamat tinggal )


Note   : pertama kali berkenalan, biasanya memberikan salam dilanjutkan dengan memperkenalkan diri. Tidak dianjurkan untuk menanyakan umur ketika pertama kali bertemu, karena dianggap kurang sopan. Biasakan untuk memberikan tambahan panggilan “ssi”, yang artinya saudara/saudari agar terdengar lebih sopan. Demikian juga kepada orang yang lebih tua, anda dapat menggunakan panggilan “seonsaengnim”, yang artinya guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar